ARSITEKTUR KOMPUTER
I. Pendahuluan
Arsitektur disini dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan
organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemenelemen
dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya
komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang
merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.
Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer
Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer.
Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan
antara hardware dan software.
1. Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling
bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software
ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya
dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan
atau menyediakan operasi yang diperlukan software.
Tingkatan dasar arsitektur komputer
SOFTWARE LEVEL
HARDWARE LEVEL
2
2. Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan
memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered
machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa
layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :
7.
6.
5.
SOFTWARE LEVEL
Applications Layer
Higher Order Software Layer
Operating System Layer
4.
3.
2.
1.
HARDWARE LEVEL
Machine Layer
Microprogrammed Layer
Digital Logic Layer
Physical Device Layer
Keterangan :
1. Physical Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting
2. Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan
mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3. Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan
secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan
operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner
yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program
3
kontrol primitifnya sendiri yang disangga dalam ROM innernya
sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program
kontrolnya disebut mikroprogram.
4. Machine Layer
Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat
dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat
diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
5. Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam
menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga
menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan
cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software
menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
6. Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang
memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka
dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan
mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun
instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7. Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.
II. Central Processing Unit (CPU)
CPU atau satuan merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi
program. Pada komputer mikro, processor ini disebut microprocessor. CPU
terdiri dari dua bagian utama, yaitu unit kendali ( control unit) dan unit
4
Aritmatika dan logika (arithmethic logic unit). Disamping dua bagian utama
tersebut, CPU mempunyai beberapa simpanan yang berukuran kecil yang
disebut register.
Control Unit
Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan
yang ada pada sistem komputer. Control unit mengatur kapan alat input
menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat
output. Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer,
membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main
memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau
perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke aritmetic and
logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit ke main
memory lagi untuk disimpan.
Jadi tugas dari control unit adalah :
1. mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
2. mengambil instruksi-instruksi dari main memory
3. mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses
4. mengirim instruksi ke aritmaetic and logic unit bila perhitungan aritmatik
atau perbandingan logika serta mengawasi kerja aritmatik dan logika
5. menyimpan hasil proses ke main memory
Arithmetic And Logic Unit (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan
aritmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU
melaukan operasi aritmatik dengan dasar pertambahan, sedang operasi
5
aritmatik yang lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian
dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU
yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatik ini disebut adder.
Tugas lain ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika
sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua
buah elemen logika dengan menggunakan operator logika, yaitu =, <>, <, >,
<+, >=.
III. Jenis- Jenis Processor
1. Mikroprosesor 8080
Prosesor ini lahir pada tahun 1974, dengan75 instruksi, memori
maksimum 64 Kbyte. Sistem operasi yang digunakan adalah CP/M dari
microsoft
2. Mikroprosesor 6800 dan 6502
Mikroprosesor ini dirancang oleh Chuck Peddle yang dikeluarkan oleh
Motorola. Komputer yang menggunakan prosesor ini adalah APPLE I dan
II, KIM-1 VIC, dan lain-lain.
3. Mikroprosesor Z-80
Prosesor yang pertama kali menggunakan RAM.
4. Mikroprosesor 8085
Prosesor ini dikeluarkan oleh Zilog. Produk ini merupakan produk gagal
karena kalah cepat dengan Z-80.
5. Mikroprosesor INTEL 8086/8088
Prosesor ini berbasis 16 bit. Mempunyai dua mode kerja. Mode pertama
disebut mode minimum, dimana prosesor bekerja sendiri. Mode kedua
disebut mode maksimum yang memungkinkan terjadinya pemakaian
6
prosesor ganda. Dalm hal ini Intel menyediakan prosesor pasangannya
8087 yang merupakan prosesor khusus untuk prosesor matematis.
6. Mikroprosesor 6800
Prosesor ini dikeluarkan oleh Motorola dengan struktur 16 bit tetapi
internalnya 32 bit. Prosesor ini cocok sekali digunakan dengan sistem
operasi UNIX. Komputer yang menggunakan prosesor ini adalah Apple
Machintosh.
7. Mikroprosesor 80286
Versi ini adalah lanjutan dari 8086 dengan arsitektur 16 bit murni dan
memiliki 16 MB. Komputer yang terkenal adalah IBM AT.
8. Mikroprosesor 80386
Komputer dengan arsitektur 32 bit murni dan mampu memiliki memori
hingga 4 GB.
9. Mikroprosesor 68020 dan 68030
Prosesor ini bekerja pada 32 bit dengan kecepatan 15,7 MHz.. Kelebihan
prosesor ini adalah adanya cache memori internal.
10. Mikroprosesor 80486
Prosesor ini memiliki prosesor 80386 beserta FPU 80387 ditambah
dengan cache memory internal.
III. Komunikasi dan Jaringan Komputer
Dunia komputer kaya akan informasi. Setiap saat kita membutuhkan
pemindahan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Karena itu pada dunia
komputer dikenal system komunikasi data. Data akan ditransmisikan dari
suatu tempat ke tempat lain yang membutuhkan.
7
Jenis Transmisi Data :
1. On-Line; adalah segala transmisi yang mengaah lengsung ke
komputer dengan diatur komputer.
2. Off-line ; yaitu komunikasi tidak langsung ke komputer melainkan
ditulis terlebih dahulu ke da;am tape, disk dan lainnya. Sistem ini tidak
interaktif ini disebabkan tidak adadanya komputer yang dihubungkan
pada lokasi dimana data dikirimkan, sehingga tidak ada data
tanggapan data tersebut telah diterima.
Kecepatan Transmisi
Kecepatan transmisi data ditentukan oleh banyal factor seperti media
pengirimnya seperti kabel, udara (gelombang radio), serat optik dan
lainnya. Satuan kecepatan transmisi data adalah baud. Satu baud identik
dengan 1 bps (bit per second). Berbagai alat elektronik memiliki
kemampuan tersendiri. Unit komputer kecepatannya berkisar antara 30
bps hingga 100 Mps.
Gangguan Transmisi
1. Noise, yaitu sinyal random tak diperlukan yang diambil (terserap) oleh
channel tersebut. Kualitas channel bisa dinyatakan menurut signal – to –
noise ratio (rasio sinyal terhadap noise)nya, yang ini diukur dalam
decibel, dB semakin rendah nilainya maka akan semakin baik.
2. Distorsi , yaitu perubahan pada bentuk sinyal yang disebabkan oleh
sesuatu seperti absorpsi (penyerapan) sinyal 9attenuation) dan delay
oleh media.
8
Sistem jalur
Transmisi bisa dilakukan dalam tiga mode yaitu :
1. Simplex ; transmisi hanya bisa dilakukan dalam satu arah
2. Half Duplex; transmisi bisa dilakukan dalam dua arah, namun tidak
secara serentak
3. Duplex; transmisi bisa dilakukan dalam dua arah secera serentak.
Peralatan Transmisi
1. Modem adalah kependekan dari modulator-demodulator. Fungsinya
adalah memodulasi sinyal ke dalam frekuensi yang sesuai untuk
transmisi dan untuk mendemodulasi sinyal tersebut pada ujung
penerima.
2. Accoustic coupler, bisa menggunakan handset telepon. Alat ini cocok
untuk transmisi kecepatan rendah.
3. Multiplexor, alat yang digunakan untuk menangani pesan yang masuk
dan yang keluar
4. Dataplex atau concentrator, untuk mengurangi biaya transmisi. Ia
menghubungkan sejumlah terminal yang saling berdekatan namun
tidak menghubungkan ke komputer sentral.
Keuntungan menggunakan Jaringan
1. Pembagian (penggunaan secara bersama) sumber daya dan informasi
2. Pengaturan fasilitas local tanpa kehilangan kontrol sentral
3. Pendistribusian muatan kerja dan muatan pemrosesan yang pas
4. Fasilitas komunikasi yang lebih baik
9
Model Arsitektur Jaringan OSI ( Open System Interconnection)
1. Layer kontrol fisik, adalah tingkat koneksitas elektris, transmisi sinyal
dan data dalam bentuk biner mentah
2. Layer hubungan data adalah tingkat dimana data ditransmisi dalam
unit-unit kecil dengan menggunakan protocol yang sesuai untuk
mengontrol dan mengecek transmisi yang benar. Unit-unit data
tersebut disebut frame yakni karakter yang ditransmisikan secara tak
sinkron atau blok karakter yang ditransmisikan secara sinkron
3. Layer jaringan adalah tingkat yang memberikan kontrol antara point
pengirim dan penerimaan yang berebelahan dalam jaringan.
4. Layer transport adalah tingkat yang memberikan layanan end-to end
antara komputer host. Ia mengangani pengalamatan, kontrol
kesalahan dan transfer data reguler.
5. Layer session adalah tingkat yang menangani penetapan koneksi
antara host dan menangani manajemen dialog
6. Layer perentasi adalah tingkat yang mengangani bentuk standar untuk
pemrosesan data misalnya layout yang digunakan untuk tampilan VDU
7. Layer aplikasi adalah tingkat yang dikontrol pemakai dalam
menentukan data apa yang akan ditransmisikan dan begaimana ia
akan dikirimkan dan diterima.
Bentuk – Bentuk Jaringan
1. Star, bebrapa node dihubungkan dengan suatu node pusat yang
membentuk jaringan seperti bintang. Semua komunikasi ditangani dan
diatur langsung oleh central node. Central node biasanya berupa
10
komputer node lainnya yang beberapa terminal atau komputer mini
atau mikro melali suatu link.
2. Hierarchical Tree Network
Jaringan ini berbentuk pohon yang bercabang yang terdiri dari central
node dihubungkan dengan node lain secara berjenjang. Biasanya
berupa mainframe sebagai host yang merupakan jenjang tertinggi
yang bertugas mengkoordinasi dan menendalikan node jenjang
dibawahnya yang dapat berupa mino computer atau microcomputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar